PENILAIAN DALAM KURIKULUM 2013

  BAB I  PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh pendidik dalam proses pembelajaran adalah melalui evaluasi. Evaluasi merupakan sub sistem yang sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam setiap sistem pendidikan, karena evaluasi dapat mencerminkan seberapa jauh perkembangan atau kemajuan hasil pendidikan. Dalam setiap pembelajaran, pendidik harus berusaha mengetahui hasil dari proses pembelajaran yang dilakukan. Pentingnya diketahui hasil ini karena dapat menjadi salah satu patokan bagi pendidik untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang dilakukan dapat mengembangkan potensi peserta didik. Dengan evaluasi, maka maju dan mundurnya kualitas pendidikan dapat diketahui, dan dengan evaluasi pula, kita dapat mengetahui titik kelemahan serta mudah mencari jalan keluar untuk berubah menjadi lebih baik ke depan. Suatu sistem adalah jalinan antar beberapa komponen yang saling terkait dan saling mempengaru

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS LANJUT

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SDN Percontohan

Kelas / Semester                     : VI (Enam) / I (Satu)

Tema 2                                    : Persatuan dalam Perbedaaan

Subtema 1                               : Rukun dalam Perbedaan

Muatan Terpadu                      : Bahasa Indonesia, IPA & IPS

Pembelajaran                          : 1

 

A.    Tujuan Pembelelajaran

1.     Setelah membaca teks tentang Proklamasi Kemerdekaan, siswa mampu menyebutkan informasi penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan detail.

3.     Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan makna Proklamasi Kemerdekaan.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan dan mempresentasikan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

5.     Setelah mengamati tumbuhan dan habitatnya, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya.

6.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan hasil pengamatan terhadap ciri-ciri satu jenis tumbuhan terkait habitatnya.

B.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.

§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Rukun dalam Perbedaan”.

§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

15 menit

Inti

·       Siswa diminta untuk mengamati gambar tulisan asli dari teks proklamasi selama satu menit.

·       Kemudian, setiap siswa menjawab pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelahnya dan mendiskusikan jawabannya.

·       Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya. Kemudian, memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan.

·       Siswa kemudian membaca teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan mengisi peta pikiran.

·       Bersama temannya, siswa mendiskusikan peta pikiran masing-masing.

·       Guru meminta satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya.

·       Siswa mengembangkan informasi pada peta pikiran dalam bentuk tulisan. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikannya di kelompok masing-masing.

·       Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca ulang teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan menuliskan maknanya bagi bangsa Indonesia.

·       Siswa menuliskan paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.

·       Guru mengajak siswa untuk mendiskusikannya dan memberikan saran apabila dibutuhkan.

·       Setiap siswa membaca teks tentang Bunga Teratai.

·       Siswa secara berkelompok akan berpetualang di lingkungan sekolah.

·       Guru telah menyiapkan beberapa pos. Pada setiap pos sudah tersedia berbagai jenis tumbuhan atau gambar tumbuhan beserta informasi tentang cara tumbuhan tersebut beradaptasi.

·       Tugas setiap kelompok adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, mencatatnya, dan mendiskusikannya dalam kelompok.

·       Guru meminta siswa memilih satu jenis tanaman dan membuat catatan tentang ciri tanaman tersebut serta bagaimana tanaman tersebut beradaptasi.

·       Siswa kemudian menulis laporan berdasarkan informasi pada peta pikiran.

·       Siswa mempresentasikan hasil temuan mereka di depan kelas.

180 menit

Penutup

§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari.

§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

§  Melakukan penilaian hasil belajar

§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).

 

15 menit



 

C.    Penilaian

1.     Diskusi. Guru menilai siswa saat diskusi dengan menggunakan rubrik.

2.     Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa. (Bahasa Indonesia KD 3.4 & 4.4).

3.     Tugas dinilai dengan daftar periksa. (IPS KD 3.4 & 4.4) d. Laporan IPA dinilai dengan daftar periksa (IPA KD 3.3 & 4.3)

 

Refleksi Guru : ........................................................................................................................

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK

RUANG LINGKUP BIMBINGAN DAN KONSELING

KONSEP, KARAKTERISTIK DAN JENIS ALAT PENDIDIKAN