CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS LANJUT
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SDN Percontohan
Kelas / Semester :
VI
(Enam)
/ I (Satu)
Tema 2 :
Persatuan dalam Perbedaaan
Subtema 1 : Rukun dalam Perbedaan
Muatan Terpadu :
Bahasa Indonesia, IPA
& IPS
Pembelajaran : 1
A.
Tujuan
Pembelelajaran
1.
Setelah membaca teks tentang Proklamasi
Kemerdekaan, siswa mampu menyebutkan informasi penting menggunakan aspek apa,
di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
mengembangkan informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan detail.
3.
Setelah membaca teks, siswa mampu
menyebutkan makna Proklamasi Kemerdekaan.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan
dan mempresentasikan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari
dengan tepat.
5.
Setelah mengamati tumbuhan dan habitatnya,
siswa mampu menyebutkan ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya.
6.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis
laporan hasil pengamatan terhadap ciri-ciri satu jenis tumbuhan terkait
habitatnya.
B.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. § Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. § Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Rukun dalam Perbedaan”. § Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. |
15 menit |
Inti |
·
Siswa diminta untuk mengamati
gambar tulisan asli dari teks proklamasi selama satu menit. · Kemudian,
setiap siswa menjawab pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelahnya
dan mendiskusikan jawabannya. · Guru
mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya. Kemudian,
memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. · Siswa
kemudian membaca teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan mengisi peta pikiran. · Bersama
temannya, siswa mendiskusikan peta pikiran masing-masing. · Guru
meminta satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya. · Siswa
mengembangkan informasi pada peta pikiran dalam bentuk tulisan. Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikannya di kelompok masing-masing. · Siswa
melanjutkan kegiatan dengan membaca ulang teks tentang Proklamasi Kemerdekaan
dan menuliskan maknanya bagi bangsa Indonesia. · Siswa
menuliskan paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan
sehari-hari. · Guru
mengajak siswa untuk mendiskusikannya dan memberikan saran apabila
dibutuhkan. · Setiap
siswa membaca teks tentang Bunga Teratai. · Siswa
secara berkelompok akan berpetualang di lingkungan sekolah. · Guru
telah menyiapkan beberapa pos. Pada setiap pos sudah tersedia berbagai jenis
tumbuhan atau gambar tumbuhan beserta informasi tentang cara tumbuhan
tersebut beradaptasi. · Tugas
setiap kelompok adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, mencatatnya,
dan mendiskusikannya dalam kelompok. · Guru
meminta siswa memilih satu jenis tanaman dan membuat catatan tentang ciri
tanaman tersebut serta bagaimana tanaman tersebut beradaptasi. · Siswa
kemudian menulis laporan berdasarkan informasi pada peta pikiran. ·
Siswa mempresentasikan hasil temuan
mereka di depan kelas. |
180 menit |
Penutup |
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari. §
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) §
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. §
Melakukan penilaian hasil belajar §
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran). |
15 menit |
C.
Penilaian
1.
Diskusi. Guru menilai siswa saat diskusi
dengan menggunakan rubrik.
2.
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan
daftar periksa. (Bahasa Indonesia KD 3.4 & 4.4).
3.
Tugas dinilai dengan daftar periksa. (IPS
KD 3.4 & 4.4) d. Laporan IPA dinilai dengan daftar periksa (IPA KD 3.3
& 4.3)
Refleksi Guru :
........................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar